Kamis, 04 Maret 2010

Kutil Kembali Menyerang Tangan Dede 'Manusia Pohon'

Bandung - Dede (38) pasien penyakit kutil yang lebih dikenal dengan manusia pohon, direncanakan akan kembali menjalani operasi pengangkatan kutil di RSHS Bandung bulan depan. Kutil kembali menjalar di tangan Dede.

"Dia bilang mau istirahat dulu, capek pulang-pergi, kemungkinan bulan depan," kata Ketua Tim Penanganan Dede, Rachmat Dinata, saat dihubungi via telepon, Minggu malam (3/12/2010).

Rachmat mengatakan, dari informasi yang diterimanya dari keluarga Dede, kutil tersebut kembali menjalar di tangan Dede. Namun, Dede masih bisa melakukan aktivitas hariannya.

"Kalau yang ada di dada dan muka tidak kembali menjalar, hanya di tangan saja," terangnya.

Dede yang merupakan warga Kampung Bunder RT 1 RW 06 Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat itu, selama menjalani operasi pengangkatan diberikan fasilitas gratis oleh pihak rumah sakit.

"RSHS siap saja, gratis. Enggak dipungut biaya," tutur Rachmat.

Sesuai prosedur sebelum menjalani operasi, Dede akan diobservasi untuk persiapan langkah operasi. Rachmat mengatakan, pihaknya belum bisa memprediksi ketebalan kutil yang kembali menyerang tangan Dede.

Februari 2009, Dede menjalani operasi pengangkatan kutil yang kesembilan. Dalam operasi tersebut, tim dokter berhasil mengangkat 1,6 kg kutil yang bersarang di wajah, leher, dada, serta menipiskan kutil di kedua telapak tangan

"Tujuannya adalah mengurangi sisa-sisa kutil dan memperbaiki tangan agar berfungsi kembali," kata Ketua Tim Bedah dr Hardisiswo waktu itu. http://bandung.detik.com/read/2010/01/04/093416/1270957/486/kutil-kembali-menyerang-tangan-dede-manusia-pohon

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar