Kamis, 04 Maret 2010

Ojek Payung Bermain Hujan Sambil Mencari Uang

Bandung - Musim hujan tak hanya membawa musibah banjir dan longsor. Karena bagi segelintir orang, saat hujan deras adalah waktu mereka untuk berlomba mengais rezeki.

Coba saja Anda perhatikan, saat turun hujan, hampir di semua pelataran mal di Kota Bandung, banyak anak-anak usia sd dan smp berlarian menghampiri orang-orang sambil menyodorkan payung.

Mereka tidak berjualan payung, tapi mereka menyewakan payung dan mengantar si penyewa sampai ke tempat tujuan agar tidak terkena hujan. Biasanya, mereka disebut tukang ojek payung.

Salah satu tukang ojek payung tersebut adalah Muhroji (10), anak laki-laki yang masih duduk di bangku SD kelas 4 ini berjalan dari rumahnya yang di Jalan Cicendo menjuju untuk menyewakan payung di depan Mal BIP yang berada di Jalan Merdeka.

"Rumah di Cicendo, pulang sekolah kalau hujan saya ke sini (Mal BIP-red), jalan kaki aja sendirian," ujarnya saat berbincang dengan detikbandung di pelataran Mal BIP.

Meski bertubuh kecil, dengan cekatan, Muhroji berlari kesana kemari memburu pengunjung mal yang hendak pulang. Karena tak hanya Muhroji yang menyewakan payung, kadang dirinya harus berebut dengan teman-teman yang lain.

"Suka rebutan, harus cepet-cepetan. Kalau enggak, enggak akan dapet," tuturnya sambil melahap bakso ikan yang dibungkus plastik.

Teman Muhroji, Faisal (12) mengaku baru musim hujan tahun ini dirinya menjadi tukang ojek payung. Bermula dari iseng, akhrinya Faisal pun ketagihan untuk mencari uang dengan menyewakan payung.

"Asalnya iseng aja, tapi lumayan bisa dapet uang sendiri cuma karena nyewain payung aja, jadi kalau sekolah pagi, pas hujan pulangnya ngojek payung," ujar Faisal.

Meski mengandung risiko, namun keduanya tetap ceria dan semangat menyewakan payung. Bahkan mereka tidak takut petir dan sakit karena basah kuyup terkena hujan.

"Enggak takut, biasa aja. Kaya maen hujan-hujanan aja. Tapi ini mah ujan-ujanan sambil dapat uang," ujar Faisal yang diamini juga oleh Muhroji.

Mereka juga mengaku, sudah mendapat izin dari orang tuanya untuk menyewakan payung. "Asal tidak terlalu jauh mah dibolehin, katanya daripada maen yang enggak-enggak, lebih baik main sambil cari uang," ujar Faisal http://bandung.detik.com/read/2010/02/15/115957/1299643/486/bermain-hujan-sambil-mencari-uang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar