Kamis, 24 Desember 2009

1.024 Pusaka Museum Tosan Aji Dijamas

Ki Tri Yuliana dalam prosesi jamasan tosan aji di Museum Tosan Aji Purworejo. (Foto : Gunarwan)

- Sebanyak 1,024 benda pusaka koleksi Museum Tosan Aji Jawa Tengah di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dilakukan penjamasan, Sabtu (19/12). Kegiata ritual ini berlangsung cukup khidmad, ditandai dengan prosesi jamasan salah satu keris koleksi museum.

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Museum Tosan Aji, Ki Tri Yuliana kepada disela-sela melakukan prosesi jamasan secara simbolis mengatakan, jamasan tosan aji ini sudah berlangsung secara rutin setiap tahun baru hijriyah. “Namun untuk jamasan kali ini baru bisa dilaksanakan hari kedua, karena pada tanggal satu suro kemarin masih banyak kegiatan,” katanya.

Dikatakan pula, benda-benda pusaka yang dijamas mencapai 1.024 bilah, diantaranya keris 718 bilah, tumbak 288 buah, pedang tujuh bilah, kujang dan badik masing-masing tiga buah, samurai dua bilah, dan lainnya cudrik, granggang serta jambio masing-masing satu buah. Dari benda-benda pusaka itu kata Ki Tri Yuliana, koleksi museum yang selama ini dipajang untuk pengunjung hanya sebanyak 117 buah, masing-masing keris 73 bilah, tombak 32 buah, pedang enam bilah, lainnya berupa cundrik,kujang, dan jambio.

Kegiatan jamasan ini menurut Ki Tri Yuliana, akan berlangsung hingga beberapa hari mengingat jumlah benda pusaka yang dijamas jumlahnya cukup banyak. Apalagi pihak museum juga menerima titipan jamasan dari benda pusaka koleksi masyarakat. “Biasanya setelah kegitan ritual hari pertama ini, pesanan dari masyarakat cukup banyak. Mereka membawa benda pusaka itu dan dititipkan untuk dijamas,” katanya. (Nar)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar