Rabu, 30 Desember 2009

Toyota Crown Majesta, Mobil Menteri Kabinet Baru

Mobil dinas menteri pada kabinet mendatang masih tetap Toyota, tetapi bukan lagi Camry. Kelasnya jauh lebih mewah. Bocoran yang diterima Kompas.com, Sekretaris Negara sedang mempertimbangkan memilih Toyota Crown Majesta. Harganya—masih isu—Rp 1,8 miliar. Bandingkan dengan Camry, versi paling top, 3.5Q, Rp 641 juta. Harga Crown Majesta tersebut mendekati BMW Seri-7 atau sama dengan Mercedes-Benz S350L.

Paling mewah

Crown merupakan produk mobil paling mewah dari Toyota. Versi terbaru, generasi ke-13 diluncurkan tahun lalu. Majesta adalah versi paling mewah dari Crown. Majesta yang dijual saat ini merupakan generasi ke-3, diluncurkan akhir Maret lalu dengan eksterior yang dirancang ulang dan kualitas material yang makin hebat. Mobil ini hanya dipasarkan Toyota di Jepang dan disejajarkan Toyota dengan BMW Seri-7 dan Mercedes-Benz S-Class. Namun, menurut Toyota, dari segi fitur, Majesta lebih lengkap.

Mesin & transmisi

Di negara asalnya, Majesta ditawarkan dua versi, yaitu mesin V8, berkapasitas 4,6 liter dengan gerak 4 x 2 dan V8 berkapasitas 4,3 liter, 4x4. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai varian yang akan dipilih. Versi 4 x 2 ditawarkan dengan transmisi otomatik 8 tingkat kecepatan dan merupakan sedan dengan gerak roda belakang.
Mesin mobil ini menggunakan sistem injeksi bensin langsung, dikontrol oleh sistem VVT-i elektronik (VVT-iE) untuk meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Versi 4,6 liter mampu menghasilkan tenaga maksimum 225 kW (347 PS) @6.400 rpm dan torsi 460 Nm (46,9 kgf) @4.100 rpm. Dimensinya: panjang x lebar x tinggi: 4.995 x 1.810 x 1.475 mm.

Eksterior & interior

Crown Majesta—istilah Toyota—dirancang dengan filosofi ”Vibrant Clarity”. Kendati demikian, rahasia kehebatan justru berada di interior dan material yang digunakan. Panel instrumen menggunakan optitron meters dan LCD finegraphic meter TFT. Spidometer memberikan informasi dengan format digital dan analog.

Tombol pada setir membuat pengemudi bisa mengubah penampilan layar monitor, memperoleh informasi pemakaian bahan bakar, indikator Eco Zone (peduli lingkungan), dan Night View untuk keamanan.Fitur hiburan Majesti dirancang untuk kelas atas. Bagi penumpang belakang disediakan layar monitor LCD 9 inci resolusi tinggi yang menyatu pada langit-langit kabin. Untuk audio, Toyota menggunakan amplifier 19 kanal dan 20 speaker. Kualitas suaranya membuat penumpang mobil ini seakan-akan menyaksikan live show.

Kenyamanan

Untuk kenyamanan, Majesti dilengkapi suspensi udara yang dikontrol secara elektronik. Hebatnya, suspensi bekerja berdasarkan informasi yang diterima langsung dari sistem navigasi 3 dimensi pada mobil ini. Sistem navigasi menggumpulkan informasi berbagai permukaan jalan. Informasi diolah dan suspensi mengoptimalkan peredamannya. Hasilnya, selain nyaman, pengendalian jadi sangat mantap, baik di tikungan, maupun di jalur lurus.
Juga ada Vehicle Dynamics Integrated Management (VDIM). Peranti ini mengoordinasi kontrol tenaga, setir, dan rem untuk memastikan stabilitas mobil. Kaca pintu juga istimewa karena bisa mencegah suara berisik menyusup ke interior. Makin mantap, desain struktur bodi mengontrol getaran secara optimal. Juga digunakan material yang tidak menimbulkan suara. Hasilnya, interior benar-benar hening.
Pengaman "Pre-Crash"

Teknologi baru dan sangat dibanggakan Toyota pada mobil ini adalah sistem pengaman "Pre-Crash". Ini merupakan pre-crash pertama di dunia yang menggunakan gelombang radar milimeter untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya tabrakan dari samping depan. Sandaran jok belakang dapat miring ke posisi atas ketika sistem pengaman pre-crash mendeteksi kemungkinan tabrakan dari depan atau belakang. Juga ada kamera stereo untuk mendeteksi pejalan kaki di depan mobil dan memberikan peringatan kepada pengemudi (bila diperlukan).

Untuk “Night View”, digunakan kamera inframerah untuk menayangkan rintangan, seperti pejalan kaki serta benda-benda atau bagian jalan yang susah dilihat dan berada di depan mobil. Bodi berstruktur Global Outstanding Assessment (GOA) yang mengamankan penumpang bila terjadi tabrakan. Pengaman lain, ada 10 airbag, termasuk pada samping jok belakang.

Informasi rambu

Sistem informasi yang menggunakan data peta jalan memungkinkan mobil berakselerasi dengan halus ketika dikebut. Perpindahan gigi dikontrol dengan cermat, sekaligus dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja pengereman mesin. Dengan demikian, pengereman berlangsung dengan halus. Bodi penumpang tidak akan terdorong ke belakang saat mobil direm, atau ke depan ketika mobil dikebut dengan cepat.

Data peta jalan juga digunakan untuk menginformasikan rambu-rambu stop yang akan dilewati oleh pengemudi. Mobil akan memperingatkan pengemudi bila terlambat mengerem. Sistem navigasi berhubungan dengan sistem kerja rem yang bisa membantu pengemudi melakukan pengereman darurat dan memperlambat laju mobil.

Lainnya, Intelligent Parking Assist. Peranti ini menggunakan sensor ultrasonik untuk mendeteksi ruang parkir. Sistem membantu pengemudi ketika parkir paralel. Mobil akan memberi informasi kepada pengemudi mengenai besar putaran yang harus dilakukan pengemudi saat parkir.

Fitur yang tak kalah menarik adalah VGRS atau variable gear ratio steering, yang mengoptimalkan sudut roda depan saat setir diputar sesuai dengan kecepatan mobil. Misalnya, kalau parkir, setir tak perlu diputar dengan sudut besar.

Selain itu, penumpang belakang dapat mengatur sandaran kepala berbentuk sayap dan berukuran besar sesuai dengan kemiringan yang membuatnya nyaman dan menikmati audio melalui speaker yang berada pada sandaran kepala.

Harga importir

Kendati hanya dipasarkan Toyota untuk konsumen Jepang, ternyata ada perusahaan yang melayani ekspor ke negeri lain. Perusahaan tersebut Batfa Japan Inc. Dalam situsnya, perusahaan ini merinci data biaya pengiriman dan asuransi. Contoh, Majesta 4 x 2, 4,6 liter, dijual 69.400 dollar AS. Untuk Indonesia, belum termasuk berbagai pajak, menurut Batfa, konsumen harus bayar 70.600 dollar AS atau sekitar Rp 710 juta. Untuk versi 4 x 4, 78.600 dollar AS atau Rp 790 juta. Nah, kalau berminat menikmati atau serasa seperti menteri, tinggal hitung pajak-pajaknya. Pajak sedan paling tinggi dibandingkan jenis lainnya

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/08/20/1411137/toyota.crown.majesta.mobil.menteri.kabinet.baru.bag.2.

4 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya
    sungguh bermanfaat artikel ini..thanks for share
    Mesin mobil

    BalasHapus
  2. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Rossa

    BalasHapus
  3. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Nissan Grand Livina 2014

    BalasHapus
  4. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami Piala Dunia 2014

    sukses selalu

    BalasHapus