Selasa, 22 Desember 2009

Parade Akbar Gay dan Lesbian

Christoper Street Day (CSD) bukanlah parade biasa. Inilah momen bagi para Gay dan Lesbian berpawai keliling kota. Hasilnya? Pasti heboh.Christoper Street adalah nama jalan di New York, tempat kerusuhan dalam aksi perjuangan hak kaum homoseksual pada 1969. Peristiwa ini kemudian dirayakan di berbagai kota di dunia yang memiliki komunitas homoseksual yang kuat, termasuk di Berlin, Jerman.
Di Berlin, CSD digelar pada bulan Juni setiap tahun. Tahun ini, CSD digelar Sabtu (27/6/2009). Parade dimulai dari kawasan belanja Kurfuerstendamm, berpawai sekitar 5 km sampai taman kota Tiergarten. Layaknya parade, tentu ada mobil hias dan para peserta pawai berkostum. Namun temanya tentu saja khas Gay dan Lesbian.
Para prianya tampil memamerkan tubuh kekar, namun sambil berpelukan dengan kekasih sesama pria. Urusan busana, wah mereka berani tampil lebih minim dari pada kelompok lesbian. Mereka berparade sambil ber-G String ria. Sementara yang lesbian paling banter berkostum Wonder Woman atau Super Girl. Kaum waria pun turut serta dalam parade ini.
Ada juga peserta parade yang naik mobil-mobil hias sambil melempar selebaran. Sementara banyak juga kaum gay dan lesbian yang tetap berpakaian normal sambil mengusung spanduk dan poster-poster menuntut persamaan hak dan bebas diskriminasi."Kami ingin menunjukan kalau Gay dan Lesbian juga bagian dari masyarakat. Dan kami ingin memperjuangkan hak-hak kami untuk mendapatkan perlakuan yang setara dari masyarakat," ujar seorang peserta pawai, Mathias Mueller (36) kepada wartawan detikcom, Fitraya Ramadhanny.
Masyarakat umum pun banyak yang menonton parade tahunan ini. Mereka hanya tertawa-tawa saat para Gay dan Lesbian ini sengaja mempertontonkan kemesraan mereka. Yang tidak terlupakan tentu saja bendera berwarna pelangi. Bendera internasional kelompok homoseksual ini berkibar sepanjang jalur pawai. Di Eropa sudah menjadi rahasia umum, jika ada bar, cafe, restoran, atau apartemen yang mengibarkan bendera ini, itu artinya mereka adalah bagian dari komunitas homoseksual. Yang unik juga, banyak gay yang bergaun seperti perempuan, sementara yang lesbian bertuksedo seperti laki-laki. Wah, dunia sudah terbalik-balik.
http://www.detiknews.com/read/2009/06/30/071828/1156111/10/parade-akbar-gay-dan-lesbian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar