Rabu, 30 Desember 2009

Kambing Bantuan Disembelih Oknum Pegawai

Sekitar 50 warga Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kiudul, Kota Pasuruan, ngelurug kantor kelurahan setempat, Senin (28/12). Mereka menuntut mundur seorang oknum pegawai kelurahan yang diduga telah menggelapkan kambing bantuan dari Dinas Peternakan dengan disembelih untuk kepentingan pribadi. Sikap warga menuntut mundur oknum pegawai Kelurahan Krampayangan bernama Sasono ini merupakan komplikasi dari berbagai persoalan terutama masalah pelayanan seperti pembuatan KTP dan lainnya.

Warga semakin tidak sabar dan sudah tidak tahan lagi setelah adanya bantuan kambing dari Dinas Peternakan berjumlah 21 ekor yang justru dibagikan tidak tepat sasaran.Kambing yang semestinya diberikan kepada peternak yang tidak mampu, justru diberikan warga yang kaya. Bahkan sebanyak empat ekor kambing justru disembelih sendiri oleh oknum yang bersangkutan untuk mayoran. “Masyarakat terus dibohongi dan ditakut-takuti oleh Sasono. Semestinya sebagai abdi negara ia memberikan pelayanan yang baik. Tapi kenyataannya ada bantuan kambing, selain tidak diberikan kepada yang berhak, sebanyak empat ekor justru disembelih untuk pribadi,” kata Hartono, salah seorang warga yang juga aktivis LSM Merah Putih.

Selain bantuan kambing yang diberikan tidak tepat sasaran, warga juga memprotes ulah oknum yang bersangkutan dalam melayani masyarakat terutama untuk pembuatan KTP, KK dan surat-surat lainnya. “Warga seringkali diancam jika protes berbagai masalah untuk pembuatan KTP dan lainnya akan dipersulit. Makanya itu saat ini saya dan warga yang lain sudah tidak tahan lagi. Sudah selayaknya oknum yang seperti itu mundur dari jabatannya atau dipindah saja ke tempat lain,” imbuh Rustam, warga lainnya.

Mengetahui warga yang ngelurug, lurah setempat, Syamsul akhirnya mengajak berdialog dan menjelaskan bahwa kambing bantuan yang disembelih anak buahnya tersebut karena sakit. Namun alasan Syamsul tersebut dibantah warga. Semestinya sebelum disembelih harus ada surat keterangan lebih dahulu dari Dinas Peternakan Kota Pasuruan.

Sementara, Agus Kusbiono, Camat Bugul Kidul Kota Pasuruan kepada warga menyampaikan akan menyelesaikan permasalahan serta tuduhan yang disampaikan. “Untuk tuntutan mundur, ada prosedurnya dan masalah ini akan kami ajukan kepada Wali Kota Pasuruan selaku pengambil keputusan. Sedangkan masalah bantuan kambing, kami akan meminta penjelasan kepada Dinas Peternakan,” tandas Agus Kusbiono.

http://www.surya.co.id/2009/12/29/kambing-bantuan-disembelih-oknum-pegawai.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar