Minggu, 17 Januari 2010

Kasus Gigitan Anjing di Bali Capai 25.187

Sejak akhir 2008 hingga kini tercatat 25.187 kasus gigitan anjing pada manusia di Bali.“Ribuan kasus gigitan anjing itu yang dilaporkan secara resmi ke pusat-pusat pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pertolongan vaksin anti rabies (VAR),” kata Kabag Publikasi dan Dokumentasi pada Biro Humas dan Protokol Setda Bali I Ketut Teneng di Denpasar, Rabu (13/1).

Ia mengatakan, banyaknya korban gigitan anjing tersebut mengakibatkan kebutuhan VAR sangat banyak, bahkan sudah menghabiskan 23.031 VAR dari pengadaan seluruhnya sebanyak 26.560 VAR. Dengan demikian pemprov masih mempunyai persediaan VAR hanya 3.529. Persediaan tersebut segera akan ditambah dengan melakukan pengadaan yang dibiayai oleh APBD Bali. Dinas Kesehatan Provinsi Bali segera akan melakukan pengadaan sebanyak 19.469 VAR dengan dukungan dana APBD Bali 2010 sebesar Rp 2,5 miliar, tutur Ketut Teneng.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam kesempatan terpisah mengatakan,Bali selama 2009 menghabiskan Rp 12 miliar untuk pengadaan VAR, padahal dana yang dialokasikan hanya Rp 5 miliar.Dengan demikian masih tercatat berutang di RSUP Sanglah Denpasar sebesar Rp 7 miliar yang diharapkan segera bisa terbayar.

Ia mengakui, pengadaan vaksin yang dilakukan selama ini dan disalurkan ke RSUP Sanglah maupun rumah sakit kabupaten/kota se Bali cepat habis. Padahal satu dosisnya seharga Rp 117.000 dan masyarakat yang digigit anjing minimal mendapat suntikan empat kali, ditambah biaya pelayanan lain sehingga setiap orang yang digigit anjing membutuhkan dana sedikitnya Rp 1juta. Ia mengharapkan masyarakat menghindari terjadinya gigitan anjing, sebagai upaya mencegah virus rabies dari anjing ke manusia.

Sementara Kepala Dinas Peternakan Provinsi Bali Putu Sumantra mengaku, segera melakukan koordinasi dengan seluruh bendesa adat maupun para penyayang binatang untuk mengeliminasi anjing-anjing liar yang tidak jelas pemiliknya. Koordinasi itu segera dilakukan, menyusul tindakan penertiban agar tidak ada lagi anjing-anjing berkeliaran di jalan, sekaligus menghindari terjadinya gigitan, ujar Sumantra

http://www.surya.co.id/2010/01/14/kasus-gigitan-anjing-di-bali-capai-25187.html

1 komentar:

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus