Senin, 04 Januari 2010

Rp 836 Juta untuk Jalan-jalan Dewan, Dinas Pendidikan Dapat Rp 90 Miliar

Ketika semua instansi di Pemkot Batu sibuk menyusun anggaran program, DPRD Kota Batu juga menyusun anggaran kunjungan kerja ke luar kota sebesar Rp 836 juta. Dana sebesar itu terlihat jelas dalam dokumen RAPBD 2010 yang akan disahkan.

Ketua Badan Penganggaran (Banggar) DPRD Kota Batu, Punjul Santoso, mengaku kunjungan kerja keluar daerah ini untuk kunjungan dalam wilayah jatim serta luar Jatim. “Kunjungan dalam wilayah Jatim tiga kali dan dua kali ke luar Jatim. DPRD di daerah lain juga begitu,” ungkap Punjul, Minggu (3/1).

Menurutnya, angka itu tidak terlalu besar karena Komisi A hingga Komisi D punya jatah yang sama untuk kunjungan kerja untuk peningkatan kapasitas DPRD. “Kami memang harus melakukan kunjungan ke daerah lain di luar Jatim. Sebab ada beberapa hal yang tak bisa ditemukan di Jatim. Contohnya kunjungan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang dikenal sebagai daerah yang baik dalam hal pelayanan publik,” jelasnya.

Rincian dana untuk kunjungan kerja ini antara lain Rp 778 juta untuk keluar Jatim, dan Rp 57, 5 juta untuk kunjungan dalam wilayah Jatim sendiri. Kunjungan tak lain dilakukan dengan alasan peningkatan perkembangan kota wisata Batu.

Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Kota Batu, Kayat Hariyanto, menolak anggaran jalan-jalan itu. Menurutnya, anggaran kunjungan kerja itu terbuang percuma, karena kunjungan itu tidak pernah mendapatkan hasil yang jelas. “Coba lihat selama ini usai ngelencer mana ada realisasi kebijakan apalagi perubahan yang signifikan yang dilakukan mereka untuk Kota Batu ini. Seharusnya dewan sekarang bisa lebih bijaksana dibandingkan dewan sebelumnya,” kritik Kayat.

Sementara itu, dari anggaran total Rp 375,906 miliar, Pemkot Batu memberikan porsi terbesar pada Dinas pendidikan, yaitu Rp Rp 90 miliar lebih yang akan digunakan di tahun 2010. “Di urutan kedua ada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang dan ketiga Dinas Pengairan dan Bina Marga. Ketiganya memang butuh pendanaan yang lebih besar untuk pengembangan pembangunan di Kota Batu,” sela Widodo SH MH, Sekda Kota Batu.

http://www.surya.co.id/2010/01/04/rp-836-juta-untuk-jalan-jalan-dewan-dinas-pendidikan-dapat-rp-90-miliar.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar