Jumat, 19 Februari 2010

Alat Bedah Ngendon di Perut, Ketahuan Setelah 5 Bulan

Gara-gara keteledoran dokter di rumah sakit di Republik Ceko, sebuah alat bedah sepanjang 30 cm ngendon di dalam perut seorang perempuan selama berbulan-bulan.Ya, Zdenka Kopeckova, 66, tidak pernah menyangka, sakit perut yang dideritanya selama lima bulan terakhir bukan penyakit biasa. Penyebabnya ternyata sebuah spatula tertinggal di dalam perutnya.

Awalnya, Kopeckova menjalani operasi kanker rahim pada ,17 September 2009 di rumah sakit di Kota Ivancice, Republik Ceko. Setelah operasi, ia merasakan sakit perut berkepanjangan. “Sakitnya luar biasa, sampai saya tidak bisa berjalan. Saya merasa putus asa dan berpikir lambung saya yang bermasalah atau terkena kanker lagi,” ujar Kopeckova, Selasa (16/2).

Operasi pengambilan spatula pada, 6 Februari lalu. Alat tersebut ditemukan ‘bersembunyi’ di antara tulang rusuknya. Kini di perut bagian depan perempuan pensiunan ini terdapat jahitan sepanjang 20 cm, usai operasi pengambilan spatula. Kopeckova sendiri berencana menuntut pihak rumah sakit atas keteledoran mereka. “Saya ingin hidup saya kembali. Mereka mengatakan, alat itu hanya sebesar sendok. Namun, ketika saya lihat hasil rontgent sangat besar. Itu membuat saya marah,” tutur Kopeckova. Sementara itu, pejabat kesehatan regional, Michal Hasek, secara khusus meminta maaf kepada Kopeckova. Hasek berjanji menindak tegas dokter yang terlibat dalam operasi tersebut.

Kompensasi

Pihak rumah sakit berjanji memberikan kompensasi pada Kopeckova. Direktur Jaromir Hruber mengatakan, bahwa keteledoran itu akibat kesalahan beberapa individu. “Ada empat dokter yang melakukan kesalahan dan mereka telah diberi hukuman,” ujar Hruber.

Menurut Hrubes, sebenarnya tim dokter yang mengoperasi Kopeckova sempat menyadari bahwa ada sebuah spatula hilang dari kumpulan alat-alat bedah mereka. Sayangnya, mereka tidak berusaha mencari di mana gerangan spatula itu berada.

Sebenarnya kasus Kopeckova bukanlah yang pertama. Di Republik Ceko juga pernah terjadi kasus serupa. Sebuah masker berukuran 25×25 cm tertinggal di dalam perut Jirina Korinkova, 66, selama satu bulan. Di Australia, Pat Skinner, 69 mendapati gunting operasi menghuni perutnya selama satu tahun. Dan di Damaskus, dokter meninggalkan sarung tangan operasi di perut pasiennya.

http://www.surya.co.id/2010/02/17/alat-bedah-ngendon-di-perut.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar