Selasa, 09 Februari 2010

Produk China Banjiri Pasar Banyumas

Produk-produk asal China kian membanjiri pasar tradisional di wilayah Banyumas, Jawa Tengah. Bukan hanya buah-buahan dan peralatan elektronik, dalam tiga minggu terakhir, bahkan, peralatan rumah tangga dan peralatan pertukangan pun masuk.

Peralatan rumah tangga asal China rata-rata terbuat dari plastik dan logam, di antaranya irus, sendok nasi, perangkap tikus, sikat baju, hingga gayung. Peralatan pertukangan dari Negeri Tirai Bambu tersebut yang kini banyak bertebaran adalah grinda atau pasah, kunci, dan pisau. produk-produk tersebut kini bertarung dengan produk-produk rumah tangga buatan lokal, yang kebanyakan sebagian bahannya masih terbuat dari kayu.

Kuswan (35), pedagang peralatan rumah tangga dan pertukangan di Pasar Ajibarang, Banyumas, Senin (8/2/2010), mengungkapkan, barang-barang dari China itu masuk sejak tiga minggu lalu. Dia mengaku tak tahu persis perusahaan apa yang membawa produk-produk tersebut ke pasar. "Saya tahunya ada distributor dan menawari produk-produk ini. Katanya sih dari China. Ada tulisan Chinanya," kata Kusman

.http://regional.kompas.com/read/2010/02/08/1944500/Produk.China.Banjiri.Pasar.Banyumas

Umumnya, produk-produk asal China tersebut dikemas. Misalnya batu grinda dan kunci, yang dibungkus kardus dan ditulisi merek serta gambar-gambar warna-warni. Hal tersebut membedakan dengan grinda dan kunci buatan lokal yang umumnya tanpa kemasan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar