Senin, 08 Februari 2010

Susu Bubuk Melamin Muncul Lagi di China!

Otoritas di China sedang memburu hampir 100 ton susu bubuk yang mengandung melamin, yang tersisa dari skandal susu melamin tahun 2008 lalu. Saat itu enam bayi meninggal akibat mengkonsumsi susu bermelamin.Temuan ini terkuak saat otoritas melakukan pemberantasan produk-produk susu yang seharusnya telah dihancurkan menyusul skandal melamin. Namun ternyata produk susu melamin tersebut bukannya dihancurkan malah dikemas ulang untuk dijual!
Dua produsen susu di wilayah Ningxia utara ditutup pada Sabtu, 6 Februari lalu karena menjual susu bubuk melamin. Kepolisian di Ningxia menemukan bahwa sebuah perusahaan di luar wilayah itu telah memberikan sekitar 170 ton susu bubuk melamin yang tersisa dari skandal 2008 kepada satu dari dua perusahaan yang ditutup itu. Pemberian berton-ton susu beracun itu sebagai pembayaran utang Juli 2009 lalu. Demikian diberitakan China Daily dan dilansir kantor berita AFP, Senin (8/2/2010).
Perusahaan tersebut, perusahaan Ningxia Tiantian Dairy kemudian mengemas ulang hampir semua susu bubuk melamin itu dan menjualnya ke lima pabrik di China utara dan selatan. Sejauh ini hanya 72 ton susu bubuk melamin tersebut yang telah ditemukan. Otoritas China masih berupaya menemukan sisanya.
Tidak jelas apakah perusahaan susu itu tahu kalau produk tersebut mengandung melamin. "Sebagai perusahaan kecil, perusahaan susu Tiantian tidak memiliki mesin untuk mengetes melamin," kata Zhao Shunming, Sekjen Asosiasi Industri Produk Susu Ningxia. "Mesin seperti itu bisa menelan biaya hingga 1 juta yuan. Namun pengemasan ulang produk yang mereka lakukan adalah ilegal," tandasnya.
Setidaknya enam bayi meninggal dan 300.000 anak lainnya jatuh sakit pada tahun 2008 setelah mengkonsumsi susu bermelamin. Melamin, zat kimia tersebut sengaja ditambahkan untuk memberikan kesan kandungan protein dalam susu tersebut lebih tinggi. Melamin adalah zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Melamin yang banyak digunakan dalam pembuatan perabot rumah tangga ini tergolong zat kimia karsinogenik (pencetus kanker). Bahayanya sama dengan bahan kimia lain seperti boraks dan formalin.http://www.detiknews.com/read/2010/02/08/152029/1295257/10/susu-bubuk-melamin-muncul-lagi-di-china

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar